Selasa, 05 Desember 2017

Difinisi Kebudayaan

Pengertian budaya dalam bahasa yunani adalah “culere” yang berarti mengerjakan tanah. Dalam bahasa Indonesia sendiri, kata kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta yaitu “buddhayah” yang berarti bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal), sehingga kebudayaan bisa diartikan sebgai hasil dari pemikiran atau akal bagi manusia.

(widyosiswoyo,2004) mengatakan bahwa kata budaya adalah perkembangan dari kata majemuk “budi-daya” yaitu daya dari budi, yang berupa cipta, karsa, dan rasa. Budi merupakan akal yang memiliki unsur rohani dalam kebudayaa.

(koentjaraningrat,1987) mengatakan bahwa kebudayaan sebagai seluruh total pikiran, karya serta hasil manusia yang tidak berakar terhadap nalurunya, dan hanya bisa dikerjakan oleh manusia sesudah proses belajar.


kebudayaan adalah buah budi yang dihasilkan terhadap perjuangan manusia terhadap 2 pengaruh yang kuat, yaitu berupa alam dan zaman (kodrat dan masyarakat) yang artinya bukti dari kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai masalah dan keseimbangan di dalam hidup serta penghidupannya berguna untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang akan menciptakan suasana damai dan tertib (Ki Hajar Dewantara).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar